Perbedaan Pengembang Web dan Desainer Web

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa masih ada banyak kebingungan seputar peran pekerjaan pengembang web dan perancang web. Jika Anda berpikir untuk menjadi pengembang web, mungkin sulit untuk mengetahui harus mulai dari mana. Untuk membantu menjernihkan semuanya, dalam artikel ini saya akan mendefinisikan masing-masing peran, lihat alat dan sumber daya yang diperlukan untuk masing-masing, dan hancurkan tipe kepribadian yang cocok satu atau yang lain. Pada akhir posting ini Anda harus tahu tidak hanya perbedaan antara pengembang web dan desainer web (dan percayalah, ada perbedaan besar!), Tetapi juga pilihan karier mana yang tepat untuk Anda.

Definisi Pengembang Web dan Desainer Web

Mari kita mulai dengan membingkai perbandingan melalui sesuatu yang kita semua tahu dengan membayangkan pengembang web dan desainer web berkumpul untuk membuat mobil.

Pengembang web akan bertanggung jawab untuk menggunakan berbagai komponen seperti mesin, transmisi, roda, dll. Untuk membangun mobil yang berfungsi penuh yang bebas kesalahan dalam aspek teknisnya.

Seorang perancang web akan bertanggung jawab untuk desain estetika mobil (kenyamanan tempat duduk, tata letak dasbor, dll.) Serta kenyamanan dalam mengemudi dan mengendarai mobil.

Masuk akal, bukan?

Sama seperti burung unta dan zebra yang bepergian bersama di alam untuk bertahan hidup, pengembang dan perancang web memiliki hubungan simbiotik dalam bekerja bersama untuk menciptakan produk yang luar biasa. Dalam artikel ini, saya akan menjabarkan dua pilihan karir ini dalam sebuah artikel yang dapat Anda baca saat Anda menikmati secangkir kopi.

Apa Jenis Gaji Yang Dapat Dihasilkan oleh Desainer Web dan Pengembang Web?

Pertanyaan besar: uang. Menurut Glassdoor, rata-rata pembayaran tahunan untuk pengembang web adalah $ 75.487 (di AS, pada Maret 2019), sementara gaji tahunan rata-rata untuk desainer web adalah sekitar $ 57K.

Namun, ini tunduk pada banyak variabel termasuk lokasi, pengalaman, dan rangkaian keterampilan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut dalam panduan ini untuk gaji pengembang web di seluruh dunia.

Apa Alat yang Digunakan Desainer Web dan Pengembang Web?

Pengembang web bekerja dengan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan Javascript untuk membuat situs web dan aplikasi web. Mereka juga kemungkinan besar akan menggunakan bahasa lain untuk mengatur layanan email, otentikasi pengguna, basis data, dan aspek teknis situs web lainnya. Untuk melakukan ini, pengembang menggunakan perangkat lunak seperti editor teks, antarmuka baris perintah, dan kontrol versi untuk membangun informasi teknis (kode) yang akan menyajikan data.

Desainer web tidak terutama bertanggung jawab untuk mengetahui bagaimana kode bekerja — tetapi memastikan itu menyenangkan dan ramah bagi pengunjung situs web. Mereka akan menggunakan perangkat lunak desain grafis — termasuk produk-produk seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Inkscape (alternatif yang sangat baik untuk Photoshop), dan GIMP. Pada akhirnya, mereka akan merancang tata letak situs web melalui pembuatan prototipe dan gambar rangka. Desainer mengontrol aliran informasi dan bahkan dapat bertanggung jawab untuk analisis situs web.

Apa Perbedaan Portofolio Desainer Web dan Pengembang Web?

Portofolio sangat penting — apakah Anda seorang pengembang atau desainer. Tidak seperti disclaimer yang Anda lihat pada investasi saham Anda, kinerja masa lalu adalah indikator yang cukup bagus untuk kinerja masa depan. Pengembang dan perancang yang baik akan memamerkan keahlian dan pengalaman mereka untuk calon pemberi kerja dan klien, tetapi dapat menggunakan berbagai layanan untuk melakukan hal ini.

Pengembang terutama akan bergantung pada GitHub.com untuk menampilkan repositori kerja koding mereka yang luar biasa. Ini akan menunjukkan seberapa baik pengembang dapat memperbaiki dan mengabstraksi kode mereka agar elegan dan dapat dibaca oleh pengembang lain. Layanan hosting situs web berbasis cloud seperti AWS (Amazon) dan Heroku.com dapat digunakan sewaktu-waktu untuk menampilkan situs web dan aplikasi web statis yang telah dibuat oleh pengembang.

Desainer memiliki opsi sendiri untuk memamerkan kecerdikan mereka melalui situs web seperti Behance.com dan Dribble.com. Situs web ini menawarkan kemampuan untuk menghadirkan keahlian desainer dalam skema warna, kemampuan desain grafis, dan kreativitas.

Yang lebih penting daripada menggunakan sumber daya ini adalah menciptakan situs portofolio pribadi yang dapat Anda pamerkan karya Anda. Dengan membuat situs web yang dipersonalisasi, Anda memiliki kontrol atas bagaimana informasi Anda disajikan dan diterima, tanpa mengundang gangguan yang muncul di kali dengan hosting konten Anda di situs web pihak ketiga. Namun demikian, jangan abaikan sumber daya lain ini dan pastikan mereka digunakan dalam kapasitas tertentu.